Pantangan Makanan Penderita Asma

Apr 5, 2016 | | Say something
Makanan pantangan bagi penderita asma

Makanan pantangan bagi penderita asma

Salah satu zat yang diketahui berkaitan erat dengan serangan asma adalah sulfit. Sensitivitas terhadap sulfit pada umumnya hanya terbatas pada penderita asma yang bergantung pada obat steroid. Makanan yang mengandung sulfit dapat memicu serangan asma pada 20 persen orang penderita asma. Sulfit sering terdapat dalam makanan hasil fermentasi dan ditemukan dalam makanan olahan.
Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari karena mengandung sulfit:
1. Jus Lemon atau Limun Buatan, meminum air perasan jeruk nipis asli jauh lebih baik. Memang sedikit merepotkan, tetapi rasanya lebih segar dan penderita asma dapat bernapas lebih lega.
2. Bir, anggur dan minuman fermentasi lain, kandungan sulfit yang terkandung di dalamnya akan menyebabkan kesulitan bernapas pada penderita asma setelah dikonsumsi.
3. Buah atau sayuran yang dikeringkan, buah atau sayuran yang diolah melalui proses pengeringan dengan sinar panas matahari akan meningkatkan kadar sulfit yang terkandung di dalamnya seperti kismis, jamur kering, dll.
4. Acar, bumbu campuran acar antara gula, garam, dan cuka akan meningkatkan kadar sulfit dalam buah yang dijadikan acar, dan paprika juga sebaiknya dihindari jika sensitif terhadap sulfit.
5. Kentang goreng kemasan, kentang goreng dan kentang kering juga mengandung sulfit, jadi waspadalah. Menu kentang dapat diganti dengan menu yang lebih sehat dengan kentang manis panggang atau kentang panggang dengan ditambahi minyak zaitun.
6. Udang yang dibekukan, untuk mencegah munculnya bintik-bintik hitam pada udang maka sulfit ditambahkan. Lebih baik jika mengkonsumsi udang segar karena tidak ditambahi zat adiktif berbahaya yang dapat memicu asma.
7. Susu, menyebabkan kelebihan lendir di saluran pernapasan seseorang atau juga menyebabkan alergi sehingga memicu timbulnya asma. Mengkonsumsi produk turunan susu seperti mentega, keju, dan yogurt juga bisa memicu asma. Tapi ini bukan berarti lantas susu harus dihindari sama sekali. Produk substitusi seperti susu kedelai tetap dapat dikonsumsi dengan aman.
8. Garam, biasanya dipakai untuk bumbu masakan dan sebagai salah satu zat pengawet alami. Namun konsumsi garam yang berlebihan untuk penderita asma dapat mengaki batkan kondisi asma menjadi lebih buruk. Jadi sebaiknya penderita asma tidak mengkonsumsi garam secara berlebihan dan cenderung menggunakan bumbu pengganti.
9. Kacang tanah, bisa menjadi salah satu makanan yang paling berbahaya untuk sebagian orang dengan asma. Bahkan gigitan kecil sudah dapat memicu serangan serius pada beberapa orang.
10. Makanan lain yang mengandung sulfit, makanan lain yang mengandung sulfit adalah asparagus, daun bawang, pati jagung, telur, bawang putih, selada, sirup maple, salmon, produk kedelai dan tomat. Bahkan makanan yang terbuat dari gandum seperti roti dan sereal juga dapat menyebabkan masalah asma.

Baca juga pengobatan herbal penyakit asma.

Solusi terbaik tentu saja dengan tidak lagi makan atau minum sesuatu yang menyebabkan masalah asma. Memang hal ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, tetapi dalam jangka panjang ini merupakan solusi terbaik. Solusi termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencari tahu makanan apa saja yang membuat timbulnya alergi asma dan berusaha untuk menghindari sebisa mungkin. Semoga artikel ini dapat menolong kita semua dan mencegah asma kambuh akibat makanan makanan tertentu.

sumber : www.mayoclinic.org

Share This:

Posted in: Tips Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *